Tips Memelihara Gigi Bayi dan Anak Tetap Sehat

Posted by De Haantjes van Het Oosten in Sep 18, 2011, under Artikel Kedokteran Gigi

Memiliki gigi yang sehat adalah hal yang penting – bahkan pada bayi sekalipun. Anak-anak perlu gigi yang sehat untuk membantu mereka mengunyah dan berbicara dengan jelas. Dan gigi anak yang sehat juga penting untuk menyiapkan ruang bagi gigi dewasa kelak.

Informasi ini dapat membantu Anda memelihara gigi dan mulut mereka tetap sehat!

Langkah Pertama : Pastikan waktu anda untuk memeriksa sendiri gigi anak Anda. Perhatikan !!! Gigi yang sehat bisa ditandai dengan warna yang seragam dari semua gigi. Jika Anda melihat bintik-bintik atau noda pada gigi, bawalah bayi Anda ke dokter gigi.

Langkah Kedua : Bersihkan gigi mereka. Membersihkan gigi anak bayi tidak sama dengan metode yang digunakan pada orang dewasa atau anak yang sudah bisa diberikan instruksi, pada usia ini, peranan orang tua sangat dominan, bersihkan gigi mereka kain bersih, atau kapas yang dibasahi ataupun  sikat gigi bayi jika ada. Bersihkan gigi mereka setidaknya sekali sehari. Yang  terbaik adalah sesaat sebelum mereka tidur.

Langkah Ketiga : Kenalilah Fluorida, !!! mineral penting melindungi gigi dari kerusakan. Bahan ini essensial untuk kesehatan gigi, cukupi kebutuhan anak dengan mineral ini.  Saat ini Fluoride bisa didapatkan pada air minum ataupun sumber lain. Pada sekitar usia 2 (atau lebih cepat jika dokter gigi merekomensikannya), Anda harus mulai menempatkan pasta gigi fluoride pada sikat gigi anak Anda. Gunakan pasta gigi setetes atau seukuran kacang . Sampai mereka berusia sekitar 7 atau 8 tahun, Anda masih dibutuhkan untuk membantu membersihkan gigi mereka. Yang pertama Cobalah menyikat gigi mereka dan kemudian biarkan mereka menyelesaikan.

Langkah Keempat : Pilihkan makanan tanpa banyak gula kandungan di dalamnya. Berikan anak  buah-buahan dan sayuran untuk makanan ringan. Susu, susu formula, jus dan minuman lain seperti soda memiliki gula di dalamnya. Jika cairan gula terlalu lama pada gigi bayi , bisa menyebabkan kerusakan gigi. (Dan kerusakan gigi dapat menyebabkan sakit untuk bayi .)

Langkah Keempat : Jangan berikan susu botol atau minuman manis diantara jadwal makan mereka , Ketika usia anak memasuki tahun pertamanya, ajarkan anak Anda untuk minum dari gelas. Jika bayi Anda menggunakan empeng, jangan celupkan ke dalam sesuatu yang manis seperti gula atau madu.

Langkah Kelima : Anak-anak sebisa mungkin melakukan  kunjungan kedokter gigi ulang tahun pertama mereka. Pada kunjungan ini, dokter gigi akan memeriksa gigi mereka . Menunjukkan Anda cara terbaik untuk membersihkan gigi. Tanyakan pada dokter gigi tentang hal-hal lain seperti diet sehat dan fluoride yang dapat menjaga gigi dan mulut anak tetap sehat.

Jagalah gigi anak tetap sehat dan kuat !!!

:, , ,

Komentar telah ditutup.